Selasa, 29 Desember 2015

TRADISI BANCAKAN SEDEKAH BUMI



TRADISI BANCAKAN SEDEKAH BUMI
Ds. Purwosari kec. Tlogowungu kab. Pati

Acara Bancakan sedekah bumi ( syukuran sedekah bumi ) merupakan wujud syukur dan rasa terima kasih bagi para penduduk desa kepada ALLAH SWT, yang telah diberikan keberkahan dan kemudahan dalam menggarap lahan tanaman atau bertani bagi masyarakat desa. Seperti kebanyakan adat daerah lain di jawa, acara bancakan ini adalah makan bersama satu desa dengan menu ala pedesaan.
Seluruh masyarakat desa akan berkumpul di balai desa dengan membawa berkat (nasi) sebagai rasa syukur mereka kepada ALLAH SWT. Mereka berdoa dengan dipimpin sesepuh desa atas panen yang telah di berikan oleh ALLAH SWT. Dan mereka berharap untuk panen yang akan datang diberikan hasil panen yang berlimpah.
Acara bancakan sedekah bumi ini biasanya di adakan pada malam hari ba’da magrib. Dan acara ini di acara bancakan ini biasanya di laksanakan sebelum acara-acara sedekah bumi seperti wayang semalam suntuk, ketoprak, pengajian atau orkes dangdut.
Inti dari acara bancakan sedekah bumi ini untuk memulai runtutan acara sedekah bumi untuk bersyukur kepada ALLAH SWT dan juga leluhur desa. Supaya masyarakat tidak hanya diberikan kemudahan dalam bertani, tapi juga selalu di beri keselamatan, keberkahan, kemudahan dalam melaksanakan kehidupan mereka sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar