Selasa, 29 Desember 2015

WAYANG DAN PENGARUH PENYEBARAN AGAMA ISLAM DI JAWA



WAYANG DAN  PENGARUH PENYEBARAN AGAMA ISLAM DI JAWA

Dalam Sejarah telah mengatakan bahwa akulturasi yang mendorong perkembangan Islam di Jawa adalah Wayang. Kesenian Wayang Kulit merupakan Seni Pertunjukan  yang menjadi Warisan Seni Budaya Indonesia yang paling menonjol diantara Warisan Budaya lainnya yang ada di Indonesia, Kesenian asli Pulau Jawa ini bisa dikatakan telah mewakili hampir semua bidang Seni yang di gelar dalam satu pertunjukan, diantaranya Seni Peran, Seni Musik, Seni Rupa serta Sastra. Wayang kulit adalah Kesenian Indonesia yang sangat tua yang telah berusia lebih dari lima abad.

Menurut para ahli Sejarah, Wayang Kulit telah ada di Indonesia jauh sebelum Agama Hindu masuk ke Pulau Jawa. Walaupun cerita wayang yang populer di masyarakat masa kini merupakan adaptasi dari karya sastra India, yaitu Ramayana dan Mahabarata. Kedua induk cerita itu dalam pewayangan banyak mengalami pengubahan dan penambahan untuk menyesuaikannya dengan falsafah asli Indonesia.

Masuknya agama Islam ke Indonesia sejak abad ke-15 juga memberi pengaruh besar pada budaya wayang, terutama pada konsep religi dari falsafah wayang itu. Pada awal abad ke-15, yakni zaman Kerajaan Demak. mulai digunakan lampu minyak berbentuk khusus yang disebut blencong pada pergelaran Wayang Kulit.      

Kemudian, ada perubahan cerita yang semakin jauh dari aslinya di zaman islam. Yang pada awalnya bercerita tentang Ramayana dan mahabarata sdikit bergeser. Sejak zaman itulah masyarakat penggemar wayang mengenal silsilah tokoh wayang, termasuk tokoh dewanya, yang berawal dari Nabi Adam. Sisilah itu terus berlanjut hingga sampai pada raja-raja di Pulau Jawa. Dan selanjutnya, mulai dikenal pula adanya cerita wayang pakem. yang sesuai standar cerita, dan cerita wayang carangan yang diluar garis standar. Selain itu masih ada lagi yang disebut lakon sempalan, yang sudah terlalu jauh keluar dari cerita pakem.



1 komentar:

  1. Microtouch Titanium trim - Tiara Art
    Tipe blue titanium cerakote MetalTipe MetalTipe MetalTipe MetalTipe MetalTipe MetalTipe MetalTipe MetalTipe MetalTipe MetalTipe MetalTipe MetalTipe MetalTipe MetalTipe titanium bike frame MetalTipe MetalTipe MetalTipe MetalTipe MetalTipe MetalTipe MetalTipe titanium dive knife MetalTipe t fal titanium pan MetalTipe MetalTipe MetalTipe titanium dog teeth

    BalasHapus